STUDENTS’ STRATEGIES IN TRANSLATING ENGLISH TEXT INTO INDONESIAN AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM OF KHAIRUN UNIVERSITY

JUMA, JUNITA (2021) STUDENTS’ STRATEGIES IN TRANSLATING ENGLISH TEXT INTO INDONESIAN AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM OF KHAIRUN UNIVERSITY. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (281kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK B. INDONESIA & INGGRIS.pdf] Text
C. ABSTRAK B. INDONESIA & INGGRIS.pdf - Published Version

Download (290kB)
[thumbnail of E. CHAPTER I JUNITA JUMA.pdf] Text
E. CHAPTER I JUNITA JUMA.pdf - Published Version

Download (480kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA JUNITA JUMA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA JUNITA JUMA.pdf - Published Version

Download (393kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi mahasiswa dalam menerjemahkan teks bahasa inggris ke bahasa Indonesia pada program studi pendidikan bahasa inggris universitas Khairun. Penelitian ini menggunakan qualitatif. Peneliti menggunakan teks bahasa inggris (report) untuk memdapatakan data dari subyek peneliti. Data yang di peroleh di analisis denga teori Vinay dan darbelnet tentang strategi penerjemahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai 39% dalam terjemaha literal untuk menerjemahkan teks bahasa inggris ke dalam teks bahasa Indonesia, yang kedua siswa memperoleh nilai 28% dalam terjemahan equivalent, ketiga siswa memperoleh nilai 12% dalam terjemahan modulasi, kelima siswa memperoleh nilai 4% dalam menejemahkan terjemahan borrowing, dan yang terakhir adalah siswa memperoleh nilai 2% dalam terjemahan transposisi, di samping itu pula siswa tidak menggunakan strategi terjemahan adptation karena dalam teks tersebut tidak ada strategi terjemahan adoptation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:38
Last Modified: 08 Feb 2023 06:38
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item