PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 HALMAHERA SELATAN

SARIF, FANTI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER FANTI.pdf] Text
A. COVER FANTI.pdf - Published Version

Download (34kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK FANTI.pdf] Text
C. ABSTRAK FANTI.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of E. BAB 1.pdf] Text
E. BAB 1.pdf - Published Version

Download (159kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Berdasarkan analisis data dan kesimpulan (1) hasil penilaian pada tes awal (pretest) dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual nilai rata-rata yang dicapai sebesar 69,06 belum mencapai peningkatan hasil belajar adapun hasil penilaian masing-masing aspek yaitu pada aspek (1) tema 4,76%, (2) tokoh 3,63%, (3) latar tempat 3,43%, (4) latar waktu 2,86%, dan (5) alur 2,53%. Siswa yang memperoleh kualifikasi sangat baik (SB) sejumlah 0 siswa sebesar 0%, siswa yang memperoleh kualifikasi baik (B) sejumlah 9 siswa sebesar 30%, siswa yang memperoleh kualifikasi cukup baik (CB) sejumlah 10 siswa sebesar 33%, siswa yang memperoleh kualifikasi kurang baik (KB) sejumlah 10 siswa sebesar 33%, dan siswa yang memperoleh kualifikasi kurang sekali (KS) sejumlah 1 siswa sebesar 3% dalam menulis karangan narasi, (2) pada tes akhir (posttest) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 80,66 adapun hasil penilaian masing- masing aspek yaitu (1) tema 5,00%, (2) tokoh 4,20%, (3) latar tempat 3,80%, (4) latar waktu 3,66%, dan (5) alur 3,50% adapun siswa yang memperoleh kualifikasi sangat baik (SB) sejumlah 8 siswa sebesar 26%, siswa yang memperoleh kualifikasi baik (B) sejumlah 16 siswa sebesar 53%, siswa yang memperoleh kualifikasi cukup baik (CB) sejumlah 6 siswa sebesar 20%, siswa yang memperoleh kualifikasi kurang baik (KB) sejumlah 0 siswa sebesar 0%, dan siswa yang memperoleh kualifikasi kurang sekali (KS) sejumlah 0 sebesar 0% dan dinyatakan telah berhasil, (3) observasi, guru telah menyiapkan perangkat pembelajaran sebelum memulai kegiatan belajar mengajar dan guru telah memberikan siswa dengan materi menulis karangan narasi sesuai dengan RPP yang telah disediakan, wawancara, siswa kelas VII telah diajarkan dengan materi menulis karangan narasi sesuai dengan judul yang ditentukan masing-masing siswa dan adapun kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran sehingga guru menggunakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > Indonesian literature
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:02
Last Modified: 10 Feb 2023 01:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item