RACHMAD, ARIKSANDI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 HALMAHERA BARAT PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
a. COVER.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
Text
c. ABSTRAK ARIKSANDI.pdf - Published Version Download (89kB) |
|
Text
e. BAB I.pdf - Published Version Download (174kB) |
|
Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (86kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Halmahera Barat. 2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Halmahera Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat korelasi dan desain penelitian menggunakan paradigma sederhana melihat pengaruh variabel X terhadap Y dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 2 Halmahera Barat yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data untuk variabel X mengunakan teknik kuisioner (angket) sedangkan untuk variabel Y adalah menggunakan teknik tes tertulis (soal). Soal dan angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, validitas, serta diuji reliabilitas. Pengumpulan data penelitian diuji dengan hitingan secara manual, excel dan SPSS untuk melihat validitas dan reliabilitas soal maupun angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji F, Uji t dan uji r. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Halmahera Barat pada materi momentum dan impuls. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik keberartian regresi dan keberartian korelasi guna untuk melihat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai Fhit > Ftab atau 67,78 > 4,26 dan thit > ttab atau 8,26 > 2,06 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Halmahera Barat pada materi momentum dan impuls dapat diterima atau memenuhi kriteria pengujian hipoteisi dimana hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan untuk melihat besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Halmahera Barat pada materi momentum dan impuls dengan menggunakan uji statistik regresi linier sederhana nilia r = 0,86 dan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa dengan menghitung koefisien determinan X terhadap Y dimana setelah dihitung nilai KP kita dapat mengetahui besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Halmahera Barat pada materi momentum dan impuls memiliki kontribusi sebesar 74% pada taraf signifikan 5%
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QR Biologi Q Science > QR Biologi |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 05:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 05:42 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2825 |
Actions (login required)
View Item |