RAHMAN, ADELIA and ADAM,S.S.,M.Hum, SUTISNO (2021) LANGUAGE MAINTENANCE OF BUGINESE IN BASTIONG VILLAGE, TERNATE, NORTH MOLUCCAS (A SOCIOLINGUISTIC STUDY). Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
COVER DEPAN.pdf - Published Version Download (21kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (18kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18kB) |
Abstract
Terdapat dua sumber data yang digunakan oleh peneliti, yaitu data primer dan data sekunder. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan teori sosiolinguistik yang bertujuan untuk memudahkan peneliti dalam memahami dan mengamati bagaimana pemertahanan bahasa bisa bertahan pada kehidupan masyarakat sehari-hari. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan bahasa Bugis didalam rumah, lingkungan sekitar, dan juga di area publik seperti pasar. Orang Bugis akan menggunakan bahasa Bugis untuk berkomunikasi sesama suku. Begitu pula ketika bertemu dengan orang yang bukan merupakan suku Bugis, maka mereka akan berkomunikasi menggunakan bahasa Melayu Ternate. Hal ini ditemukan bahwa faktor-faktor pemertahanan bahasa bugis meliputi faktor sosial dan lingkungan dimana mereka berada di suatu wilayah konsentrasi bahasa yakni di kelurahan Bastiong Talangame, faktor sikap bahasa yang meliputi kesetiaan pengguna bahasa, kebanggaan dalam berbahasa dan juga kesadaran kan norma yang masih ditemukan dalam mempertahankan bahasa Bugis. Dan faktor terakhir adalah migrasi, dimana masyarakat suku Bugis yang datang dan menetap di kota Ternate
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Inggris |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 06:21 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 05:04 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2868 |
Actions (login required)
View Item |