PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE

AJID, FAHYUNI (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of D. ABSTRAK.pdf] Text
D. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran di sekolah akan sangat membantu keaktifan proses materi puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah agar dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Peningakatan keterampilan memahami puisi dengan menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Penilitian ini merupakan tindakan kelas (PTK) yang mengikuti tahap-tahap penelitan sebagai berikut: (1) perencanaan (planning), (2) penerapan tindakan (Action), (3) pengamatan (observation), (4) refleksi (reflection). Adapun tehnik analisis data deskriptif kuantitatif yang dapat ditampilkan dalam bentuk angka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa keterampilan memahami puisi siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 4 Kota Ternate. Hal ini ditunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 61,48% dengan ketuntasan belajar 40,74%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa naik mencapai 82,03% dengan ketuntasan belajar 78,77%. Dengan Model pembelajaran Everyone is a teacher here dapat meningkatakan aktivitas siswa dalam keterampilan memahami puisi siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 4 Kota Ternate. Hal ini ditunjukan pada siklus I rata-rata aktivitas siswa sebesar 204 dan presentasenya 47,22% sedangkan pada siklus II rata-rata aktifitas siswa sebesar 324 dan presentasenya 75%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:16
Last Modified: 05 Apr 2023 03:16
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item