PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE

UMASANGAJI, WAHYUNI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (288kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)

Abstract

Model pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran yang menggunakan media gambar, agar siswa dapat merangsang ilmu yang dipelajari dan dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Meningkatkan hasil belajar siswa peran guru sangatlah penting ini disebabkan guru harus menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta pembelajaran secara sistematis guna mengembangkan hasil belajar siswa karena perannya sebagai fasilitator, motivator, dan pengerak dalam pembelajaran. Guru diharapkan memiliki kreativitas dalam menerapkan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa dapat memiliki motivasi belajaryang tinggi, karena motovasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar. Dari hasil observasi di SMP Negeri 7 Kota Ternate, guru kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga minat dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari permasalahan diatas peneliti melakukan penelitian dengan judul, Penerapan Model Pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 7 Kota Ternate dengan sub pokok kondisi alam Indonesia. Penelitian di lakukan dari tanggal 22 agustus sampai dengan 22 september 2022 pada kelas VIIB dan kegiatan pembelajaran menggunakan dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembaran aktivitas siswa, dan lembaran observasi aktivitas guru. Berdasarkan pada hasil belajar siswa siklus I yang mana dari 32 siswa hanya 15 yang nilainya tuntas dengan presentase 47%, sedangkan disiklus II meningkat menjadi 27 siswa yang nilainya tuntas memiliki prensentase 84%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS pada materi Kondisi Alam Indonesia dengan menggunakan model Picture And Picture dapat menunjukkan hasil yang positif dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 15 May 2023 05:23
Last Modified: 15 May 2023 05:23
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3188

Actions (login required)

View Item View Item