Safar, Rani (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
Text
A. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
Text
C. ABSTRAK INDONESIA, ABSTRAK INGGRIS.pdf - Published Version Download (115kB) |
|
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (177kB) |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (231kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem peramaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi. Siswa diminta untuk mengerjakan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM), kemudian diwawancarai berdasarkan kemampuan matematika siswa yang dimiliki untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam tentang kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (Data reduction), paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Darul Ulum Sasa Kota Ternate yang berjumlah 19 siswa, dengan perwakilan dalam penelitian ini adalah siswa S-5 yang kreatif, S-8 yang berkemampuan cukup kreatif dan S-14 yang berkemampuan kurang kreatif. Hasil penelitian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel sebagai berikut 1) sebanyak 2 siswa (10,52 %) mencapai kemampuan bepikir kreatif matematis dengan kriteria kreatif dapat berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibiliti), dan berpikir terperinci (elaboration) dalam menyelesaiakn soal pada sistem persamaan linear dua variabel, 2) sebanyak 10 siswa (52,63%) berkriteria cukup kreatif karena belum sepenuhnya mencapai kemampuan indikator berpikir luwes (flexibility) pada soal sistem persamaan linear dua variabel dan 3) sebanyak 7 siswa (36,84 %) yang berkriteria kurang kreatif karna belum mencapai indikator berpikir luwes ( flexibility) dan brpikir terperinci (elaboration). Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, sistem persamaan linear dua variabel, dan kemampuan matematis siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yurni Naser |
Date Deposited: | 23 May 2023 04:40 |
Last Modified: | 23 May 2023 04:40 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3222 |
Actions (login required)
View Item |