ANALISIS KEMAMPUAN MATHEMATICAL LITERACY SISWA SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 7 Kota Ternate Tahun Ajaran 2021/2022

SUKUR, RATNA ALI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MATHEMATICAL LITERACY SISWA SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 7 Kota Ternate Tahun Ajaran 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1.COVER.pdf] Text
1.COVER.pdf - Published Version

Download (216kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of 5.BAB I.pdf] Text
5.BAB I.pdf - Published Version

Download (470kB)
[thumbnail of 10.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini berdalaskan pada masalah bagaimana kemampuan mathematical literacy siswa SMP Negeri 7 Kota Ternate yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan mathematical Literacy siswa di kelas VIIIB dalam menyelesaikan materi sistem persamaan linear dua variabel dengan soal model Programme ForInternational Students Assessment (PISA). Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kota Ternate berjumlah 32 siswa kemudian diambil 3 siswa sebagai perwakilan subjek berdasarkan kemampuan yaitu tinggi, sedang dan rendah serta tergolong dalam 3 acuan patokan (baik, cukup dan kurang). Teknik analisis data terdiri dari analisis hasil kerja, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mathematical literacy siswa kurang pengenalan dan pembiasaan pemberian soal dengan model soal PISA maka kelas VIIIB SMP Negeri 7 Kota Ternate masih berada di level rendah yaitu level 1 dan level 2 (tingkat mengingat dan memahami). Demikian persentase skor yang diperoleh dan nilai rata-rata dari total keseluruhan soal adalah 3,19% dan 53,42% serta 4 siswa kualifikasi tinggi 12,5%, 10 siswa kualifikasi sedang 31,3% dan 18 siswa kualifikasi rendah 56,3%. Kata Kunci : Kemampuan Mathematical Literacy, PISA, SPLDV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 23 May 2023 04:43
Last Modified: 23 May 2023 04:43
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item