STUDI TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PRASARANA PELABUHAN TRIKORA TIDORE

Abdullah, Iriyani and UNSPECIFIED (2022) STUDI TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PRASARANA PELABUHAN TRIKORA TIDORE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf] Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (299kB)
[thumbnail of 5 BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
5 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (280kB)
[thumbnail of 10 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Maluku Utara menjadi provinsi dengan jumlah pelabuhan terbanyak di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ada 91 pelabuhan yang telah dibangun di provinsi tersebut hingga 2019. Pemerintah memang cukup banyak membangun pelabuhan di Maluku Utara dalam beberapa tahun terakhir, pembangunan infrastruktur tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana serta kualitas pelayanan transportasi khususnya di wilayah timur Indonesia. Pelabuhan Trikora Tidore adalah pelabuhan alam yang merupakan satu-satunya pelabuhan kelas III di Provinsi Maluku Utara yang di singgahi kapal-kapal domestik dan kapal penumpang. Berdasarkan kondisi pelabuhan Trikora pada saat ini terdapat beberapa fasilitas pada pelabuhan yang kurang memadai misalnya seperti dermaga, tempat parkir, toilet, mushollah, dll. Dalam penelitian ini digunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengetahui tingkat kinerja dari kualitas pelayanan pelabuhan Trikora,dan metode CSI (Costumer Satisfication Index) digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna jasa secara menyeluruh dengan melihat tingkat harapan dari atribut-atribut produk/jasa. Nilai CSI dalam penelitian ini dibagi kedalam lima kriteria sesuai penggunaan penilaian likert poin 5 dari tingkat sangat tidak memuaskan sampai dengan sangat memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode IPA, dimana tingkat kinerja 3,22 atau baik sedangkan tingkat kepentingan 4,48 atau tinggi maka kinerja pelabuhan belum memenuhi keseluruhan keinginan pelanggan karena nilai tingkat kinerja yang didapat lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai tingkat kepentingan pelanggan. Untuk itu, pihak pelabuhan harus meningkatkan kinerjanya agar terjadi kesamaan antara tingkat kepentingan keinginan pelanggan dan kinerja perusahaan.Berdasarkan perhitungan menggunakan Costumer Satisfication Index (CSI) nilai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan pelabuhan sebesar 64% yang artinya pelanggan cukup puas dengan kualitas pelayanan pelabuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas > Teknik sipil
Fakultas > Teknik sipil
Fakultas > Teknik sipil
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:29
Last Modified: 22 Nov 2023 06:29
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item View Item