ANALISIS PENGGUNAAN CDI STANDAR DAN CDI RACING JUKEN 5 MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM PADA MOTOR YAMAHA MIO M3 125 CC

NYONG, ZAHDA (2022) ANALISIS PENGGUNAAN CDI STANDAR DAN CDI RACING JUKEN 5 MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM PADA MOTOR YAMAHA MIO M3 125 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Inovasi di bidang otomotif di Indonesia berkembang sangat pesat, sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan transportasi untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari, Seiring dengan hal tersebut industri otomotif khususnya produksi kendaraan roda dua yang berlomba-lomba menciptakan inovasi seperti menciptakan varian sepeda motor yang memiliki performance yang prima, efisiensi bahan bakar yang baik, dan ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan CDI standar dan CDI racing terhadap unjuk kerja motor bakar Yamaha mio M3 125 cc. Pengoptimalan sistem pengapian dapat dilakukan dengan mengganti atau memodifikasi komponen pengapian standar dengan komponen pengapian bertipe kompetisi sehingga didapat pengapian yang lebih besar. Pengambilan data diambil secara eksperimental untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari perlakuan (treatment) yang dilakukan pada objek penelitian, yakni penggunaan CDI standar dan CDI racing juken 5(tanpa penyrtingan), yang dilakukan pembukaan throttle konstan 30° pada variasi beban pengereman 1 kg, 2 kg, dan 3 kg. pada Motor Yamaha mio m3 125cc. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya poros efektif (Ne) yang dihasilkan oleh penggunaan CDI standar lebih besar dibandingkan denga penggunaan CDI racing juken 5 (tanpa penyetingan). Dimana daya poros efektif tertinggi didapat pada beban pengereman 3 kg yaitu sebesar 0,488 kW pada pengguaan CDI standar dan 0,469 kW untuk penggunaan CDI racing juken 5 (tanpa penyetingan). Pemakaian bahan bakar spesifik efektif (SFCe) yang dihasilkan oleh penggunaan CDI racing juken 5 (tanpa tenyetingan) terbilang lebih banyak dibanding dengan penggunaan CDI standar. dengan pemakaian bahan bakar spesifik efektif tertinggi 1,662 % pada penggunaan CDI racing juken 5 (tanpa penyetingan), dan 1,495 % untuk penggunaan CDI standar pada beban pengereman 1 kg. Sehingga efisiensi thermal (ηth) yang dihasilkan oleh penggunaan CDI racing juken 5 standar pabrikan (tanpa penyetingan) lebih baik dibandingkan dengan penggunaan CDI satandar. Kata kunci : CDI standar, CDI racing juken 5, unjuk kerja motor bakar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas > Teknik Mesin
Fakultas > Teknik Mesin
Fakultas > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 05 Dec 2023 00:24
Last Modified: 05 Dec 2023 00:24
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item