PENGARUH GENDER, USIA, KEMAMPUAN AKADEMIK DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP LITERASI KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA

KASIM, KARNILA SARI (2019) PENGARUH GENDER, USIA, KEMAMPUAN AKADEMIK DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP LITERASI KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (82kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh gender, usia, kemampuan akademik, pendapatan orang tua terhadap literasi keuangan dan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Khairun Ternate dan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, tahun angkatan 2015, 2016 dan 2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 269 responden yang diambil menggunakan teknik proporsonal random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)Gender tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan (2)Usia tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan (3)Kemampuan akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan (4)Pendapatan orang tua tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan (5)Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Kata Kunci: Perilaku Pengelolaan Keuangan, Literasi Keuangan, Gender, Usia, Kemampuan Akademik, Pendapatan Orang Tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas > Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis
Fakultas > Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis
Fakultas > Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:56
Last Modified: 18 Dec 2023 01:56
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item View Item