PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI DINAMIKA PENDUDUK INDONESIA PADA PELAJARAN IPS KELAS VII-3 SMP ISLAM 1 KOTA TERNATE

TUANKOTTA, ICA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI DINAMIKA PENDUDUK INDONESIA PADA PELAJARAN IPS KELAS VII-3 SMP ISLAM 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (67kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui peningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam 1 Kota ternate pada materi dinamika penduduk Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Penilitian Tindak Kelas Penilitian ini terdiri dari dua siklus dan terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi . Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII3 dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes yang berupa soal-soal pendidikan IPS yang berjumlah 20 soal dengan bentuk soal isian singkat. Sedangkan untuk pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi soal tes dan dokumentasi .Data di analisis dengan perhitungan presentase dan rata-rata hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Setelah data dianalisis secara deskriptif diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I dalam kategori kurang dengan presentase 56,66 % aspek yang tergolong kurang yaitu mendengar penjelasan guru tentang materi pembelajaran dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang atau 45%. Kemudian pada siklus II data yang diperoleh aktivitas siswa meningkat dari siklus sebelumnya menjadi 76,14%, dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 14 atau 63,64%. Hal ini dapat menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII3 SMP Islam 1 Kota Ternate pada materi interaksi sosial. Kata Kunci : Hasil belajar, Kooperatif Tipe Word Square

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
> Ilmu Hukum
> Ilmu Hukum
> Ilmu Hukum
> Ilmu Hukum
> Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
Fakultas > Ilmu Hukum
Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
Fakultas > Ilmu Hukum
Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
> Fakultas > Ilmu Hukum
Fakultas > Ilmu Hukum
Fakultas > Ilmu Hukum
Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 02 Oct 2024 01:04
Last Modified: 02 Oct 2024 01:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item View Item