MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALAUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII-6 SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

ADENG, NURSINA (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA MELALAUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII-6 SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (39kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK LISMIATI HASAN: “Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 2 Kota Ternate’’. Pembimbing Dr. Said Hasan, M.Pd dan Dr. Chumidach Roini. M.Si. Ternate: FKIP, Universitas Khairun, 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakaan kelas dengan subjek penelitian kelas VIII-6 dengan jumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data adalah.1) Data tentang aktivitas belajar mengajar diambil pada saat dilaksanakan tindakan dengan menggunakan lembar observasi, 2) Data mengenai hasil belajar diambil dari setiap siklus. Teknik analisis data yaitu hasil belajar siswa berupa tes dianalisis dengan menggunakan skor yang berdasarkan penilaian acuan patokan dihitung berdasarkan skor maksimal yang mungkin dicapai oleh siswa. Nilai yang diperolah dikelompokkan menjadi lima kategori yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kota Ternate dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas VIII-6 dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat pada siklus I menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa sedangkan dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 90% dari total siswa 30. Kata Kunci: hasil belajar siswa, pembelajaran kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:14
Last Modified: 23 Oct 2024 02:14
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item