PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 7 TIDORE KEPULAUAN

ISHAK, MARIAM (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 7 TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (39kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB)

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) suatu model pembelajaran yang menantang peserta didik untuk belajar bagaimana, bekerja secara kelompok untuk mencari solusi dari permasalahan duniya nyata. Model PBL juga merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang mempelajari kondisi belajar aktif kepada siswa dalam kondisi duniya nyata. Tujuan penilitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 7 Tidore Kepulauan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) tahun ajaran 2018-2019, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket motivasi siswa , dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I kuesioner motivasi belajar siswa presentase sebesar 76,1%, pada kategori cukup dan siklus II pada kuinsuner motivasi belajar siswa memiliki presentase sebesar 80,65% pada kategori kuat. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan bertambahnya siswa yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan pada siklus I presentase sebesar 74%, Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal secara keseluruhandengan presentase sebesar 80 %, dengan jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 12 siswa dan pada sisklus II meningkat sebanyak 17 siswa, Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem SMA Negeri 7 Tidore Kepulauan, Tahun Ajaran 2018/2019 Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 24 Oct 2024 00:20
Last Modified: 24 Oct 2024 00:20
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4102

Actions (login required)

View Item View Item