ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI MELALUI MATA KULIAH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN I (PPL I)

SIWASIWAN, SRI MAGFIRAH (2019) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI MELALUI MATA KULIAH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN I (PPL I). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (44kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik. Selain itu kemampuan pedagogik juga ditunjukkan dalam membantu, membimbing dan memimpin peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik yang dimiliki mahasiswa calon guru biologi melalui mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL I). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL I) tahun akademik 2018-2019. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa, analisis kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru biologi dapat dikatkan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari ketercapaian nilai masing-masing indikator seperti; (1) Menguasai teori belajar dan prinsi-prinsip pembelajaran yang mendidik, memiliki ketercapaian nilai 56,15%; (2) Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, memiliki ketercapaian nilai 44,33%; (3) Menyelanggarakan pembelajaran yang mendidik, memiliki ketercapaian nilai 42,84%; (4) Memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, memiliki ketercapaian nilai 38,20%; (5) Memfasilitasi perkembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, memilki ketercapaian nilai 46,53%; (6) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, memiliki ketercapaian nilai 45,12%. Nilai rata-rata keseluruhan indikator yaitu 45,36% kategori cukup baik. Kata Kunci: kompetensi pedagogik mahasiswa, calon guru biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 25 Oct 2024 00:28
Last Modified: 25 Oct 2024 00:28
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4112

Actions (login required)

View Item View Item