GANGGUAN PSIKOGENIK DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KOTA TERNATE

ZULQIFLY, ASTITIN (2019) GANGGUAN PSIKOGENIK DALAM DISKUSI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (71kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (54kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Astitin Zulqifly, 2019. Gangguan Psikogenik dalam Diskusi Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Ternate. Dibimbing oleh Suhardi Kasim, S.Pd., M.Pd sebagai Pembimbing I, dan Anwar Nada, S.Pd., M.Hum sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk dan faktor-faktor gangguan psikogenik kepada pembicara gagap agar dapat dijadikan masukan kepada siswa dan para guru sehingga lebih mudah memperbaiki kesalahan tersebut, dan dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Ternate, khususnya ketika diskusi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara dan rekaman. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa gangguan psikogenik wujud berbicara gagap dalam diskusi pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Ternate, yaitu ada empat bagian yang didapat selama tiga hari penelitian yakni; Bentuk kesalahan berbicara gagap dalam ujaran yang tersendat-sendat, yaitu ada 6 siswa yang mengujarkan 9 data kesalahan. Bentuk kesalahan berbicara gagap dalam pelafalan jeda siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Ternate, yang seharusnya dilafalkan menggunakan jeda koma (,) namun penutur melafalkan menggunkan jeda titik (.) dan bahkan dalam tuturan tidak perlu melafalakan menggunakan jeda namun penutur gunakan, yaitu ada 11 siswa yang melafalkan 12 data kesalahan. Bentuk kesalahan berbicara gagap dalam ujaran pengulangan suku kata pertama atau kata berikutnya siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Ternate, yang seharusnya dilafalkan tidak diulang-ulangi namun karena penutur kehilangan ide untuk mengucapkan apa yang ingin penutur ungkapkan sehingga suara yang keluar diulang-ulang yaitu ada 11 siswa yang mengujarkan 18 data kesalahan. Bentuk kesalahan berbicara gagap dalam pelafalan intonasi siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Ternate, yang seharusnya pelafalan kata yang intonasinya tidak panjang namun penutur melafalkan dengan intonasi yang panjang yaitu ada 7 siswa yang melafalkan 7 data kesalahan. Kata Kunci: Gangguan, Psikogenik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 29 Oct 2024 23:25
Last Modified: 29 Oct 2024 23:25
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4139

Actions (login required)

View Item View Item