PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA TERNATE

LOLINGA, LASMI S. (2019) PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan alih kode dan campur kode, juga untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Sumber data adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Ternate yang berjumlah hanya sebagian siswa yakni 20 siswa. Data penelitian adalah penggunaan alih kode dan campur kode siswa kelas X SMA N egeri 6 Kota Ternate. Berdasarkan analisis data, disimpukan bahwa teknik penggumpulan data yang dilakukan adalah Observasi (pengamatan) suatu masalah secara langsung yang berlokasi di SMA Negeri 6 Kota Ternate penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tambahan. Wawancara ini dilakukan untuk mengungkapkan keefektifan proses penggunaan alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia . Rekaman yang dilalakukan oleh peneliti untuk mendapatkan data dari tujuan penelitian. Terjadinya Penggunaan alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Ternate, yaitu terdapat penggunaan Alih kode dan campur kode ialah alih kode Bahasa Formal, alih kode bahasa informal, serta terjadinya alih kode antara bahasa sedangkan campur kode ialah campur kode kata, frasa, klausa. Faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Ternate adalah terjadinya alih kode karena adanya pembicara atau penutur, pendengar atau lawan tutur, Perubahan situasi karena hadirnya orang ke tiga, Perubahan situasi dari formal ke informal atau sebaliknya, Berubahnya Topik Pembicara sedangkan campur kode karena adanya latar belakang sikap penutur dan Kebahasaan. Kata Kunci : Alih Kode, Campur Kode

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 01 Nov 2024 00:36
Last Modified: 01 Nov 2024 00:36
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item