KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 HALMAHERA SELATAN

SOMADAYO, ROHANI HI. M. (2019) KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (52kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui apakah siswa mampu membaca nyaring dengan menggunakan metode drill kelas VIII SMP Negeri 5 Halmahera Selatan. (2) Untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca nyaring siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Halmahera selatan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penggunaan metode ini karena masalah yang dibahas adalah masalah yang aktual. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 orang yaitu, terdiri atas satu kelas (ruangan) Hasil penelitian dalam pembelajaran membaca nyaring dari hasil tes awal (Pretest) siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Halmahera Selatan menunjukka bahwa, sesuai dengan standar ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Negeri 5 Halmahera Selatan yakni, 75. Dari data dalam tabel 4.6 halaman dapat diketahui bahwa hanya 1 siswa yang memperoleh nilai sesuai dengan KMM yang telah ditetapkan di SMP Negeri 5 Halmahera Selatan dan dinyatakan tuntas atau 5%. Dan jumlah siswa yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 19 siswa atau 95% karena nilai pada tes awal (Pretest) membaca nyaring tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan di SMP Negeri 5 Halmahera Selatan. Dari hasil tes akhir (Posttest) dapat peneliti katakan bahwa siswa yang belajar membaca nyaring dengan menggunakan metode drill memperoleh hasil yang lebih baik dari pada hasil tes awal (Pretest). Hal ini bisa dilihat dari data pada tabel 4.12, bahwa jumlah siswa yang mengikuti tes akhir (Posttest) membaca nyaring dengan menggunakan metode drill siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Halmahera Selatan adalah 20 siswa. Dan siswa yang mencapai nilai KKM berjumlah 17 siswa atau 85% siswa dinyatakan Tuntas, sedangkan 3 siswa atau 15% siswa dinyatakan belum tuntas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:51
Last Modified: 05 Nov 2024 04:51
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4192

Actions (login required)

View Item View Item