PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE PADA KONSEP PEMANASAN GLOBAL

RISNA RAJAK (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE PADA KONSEP PEMANASAN GLOBAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of DAFTAR  PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Treffiger terhadap hasil belajar siswa pada konsep pemanasan global di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang menggambarkan pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Ternate yang berjumlah 153, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah (Random Sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk soal essay dan non tes berupa angket, kemudian teknik analisis data menggunakan uji statistik regresi dan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang berjumlah 22 siswa yang berada pada satu kelas. Pengumpulan data untuk variable X adalah dengan menggunakan teknik tes tertulis sedangkan untuk variable Y menggunakan teknik kuisioner (angket). Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan uji regresi sederhana namun sebelumnya dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas data. Setelah data di analisis dengan mengunakan pengujian keberartian persamaan regresi di peroleh Fhit =3,35 dan Ftabel = 4,30 atau, unuk kelinieritas persaamaan regresi diperoleh Fhit = 2,18 dan Ftabel = 3,10, koefisien korelasi di perole nilai r = 0,40 dengan koefisien determinan 16 %. Hasil analisis data menggunakan uji t dan diperoleh thit =2,12dan ttab = 1,72 dengan dk = 20. Berdasarkan hasil analisis ternyata thit > ttab atau 2,12 >1,17 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger dengan hasil hasil belajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:08
Last Modified: 02 Dec 2024 05:08
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4327

Actions (login required)

View Item View Item