ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE DALAM MEMAHAMI MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

MUHARAM, S. HARDIYANTI M (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE DALAM MEMAHAMI MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (72kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate dalam memahami materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 90 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 24 siswa di kelas X MIPA3 dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu teknik tes tertulis dalam bentuk essay yang berjumlah 11 butir soal dan dianalisis. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa menggunakan kuesioner (angket). Hasil analisis menunjukan bahwa kesulitan belajar siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate dalam memahami materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikatagorikan tinggi dengan persentase 54%, tingkat kesulitan soal yang paling tinggi terdapat pada nomor 6 (C4) dengan indikator menentukan jenis ikatan kimia dan sifat elektrolit suatu zat, untuk faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, yang mempengaruhi faktor internal pada aspek bakat sebesar 71% dan pada faktor eksternal yang sangat di pengaruhi oleh aspek guru dengan persentase sebesar 75%. Kata Kunci: Tingkat kesulitan belajar, Faktor-faktor yang mempengaruhi, Materi Larutan elektrolit dan non elektrolit , Analisis Deskripstif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:29
Last Modified: 14 Feb 2025 06:29
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4405

Actions (login required)

View Item View Item