BUAMONA, RAHAYU (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (40kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (100kB) |
![]() |
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version Download (30kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatahui tingkat kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kota Ternate dalam menulis cerpen. Metode yang digunakan dalama penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan intrumen yang digunakan observasi, wawancara guru dan soal tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil pretest dilihat dari hasil kerja siswa dalam menulis cerpen yang telah diperiksa peneliti, masih ada kesalahan dalam menulis cerpen dan nilai yang diperoleh sangat rendah sehingga perlu dilanjutkan dan diperbaiaki pada tes kedua protest. Hasil penilaian pada pretest dalam menulis cerpen nilai yang dicapai adalah 56,52. Hasil tes dalam menulis cerpen dengan menggunakan metode drill, pada present tes akhir (Postest) disusun dengan memperhatiakan tes awal, dilihat dari hasil kerja siswa yang telah diperiksa oleh peneliti, terdapat siswa banyak tidak memiliki kesalahan dalam menuangkan ide atau gagasan dalam menulis cerpen, nilai rata-rata yang dicapai 99,00. Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa terjadi peningkatan. Kata Kunci : Menulis cerpen dengan menggunakan metode drill.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 00:51 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 00:51 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |