SAMUD, RAHMA (2019) KEMAMPUAN MENGANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (72kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (29kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (31kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Mengetahui bentuk kesalahan berbahasa tataran morfologi dalam karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Halmahera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi guru, pedoman observasi siswa, pedoman wawancara siswa, pedoman wawancara guru, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menelaah data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai analisis kesalahan berbahasa tataran morfologi dalam karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Halmahera Selatan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat bentuk kesalahan berbahasa tataran morfologi berupa: (1) kesalahan prefiks (ter-, ber-, ), (2) konfiks (ke-an). Proses terjadinya kesalahan berbahasa pada prefiks .Dalam hasil tersebut menunjukan bahwa menganalisis kesalahan berbahasa dengan membaca teks karangan argumentasi siswa telah mampu menemukan kesalahan-kesalahan yang ada dalam karangan argumentasi tersebut. Namun perlu dilakukan peningkatan lagi dalam menganalisis kesalahan berbahasa. Kata kunci : Analisis, kesalahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 00:59 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 00:59 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |