EVALUASI KEBIJAKAN IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 4 KOTA TERNATE

ADE TIA, RAHMA (2019) EVALUASI KEBIJAKAN IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA N 4 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (54kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB)

Abstract

Desain penelitian ini adalah penelitian Deskriptif evaluatif (CIPP:Contex, Input Process, Product) dengan instrument yang digunakan Angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dan kelas berjumlah 165 siswa sebagian dari Populasi yaitu pada kelas X sebanyak 23 siswa dan kelas XI sebanyak 24 siswa dengan teknik pengambilan data dengan cara tahap perencanaan, tahap pengumpulan data berupa observasi bagian wakasek kurikulum, wawancara kepala sekolah , kuisioner dibagikan di Guru Geografi, siswa kelas X dan XI IPS dan dokumentasi sebanyak 95, tahap analisis data yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, tahap keabsahan data yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa 1). Implementasi kebijakan program pendidikan Full Day School dalam pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Geografi SMA Negri 4 Kota Ternate belum sepenuhnya terbentuk, hal ini ketika para guru menyatakan bahwa sistem full day school 100% kurang setuju kebijakan full day school dapat membentuk karakter siswa terutama karakter religius, disiplin, dan peduli lingkungan. 2). Kebijakan program pendidikan Full Day School dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negri 4 Kota Ternate sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, hal ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bab VIII Pasal 51 ayat 1 dan 3, dan Kepmendiknas No 125/U/2002 yang menjelaskan bahwa sekolah dapat menyelenggarakan pendidikan 200 sampai dengan 245 hari efektif per tahun yang setara 5 (lima) atau 6 (enam) hari belajar per minggu sepanjang tidak mengurangi jumlah jam belajar yang telah ditetapkan. 3) Terdapat kendala dalam Implementasi kebijakan program pendidikan Full Day School dalam pembentukan karakter siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negri 4 Kota Ternate, diantaranya; a) Bahwa Implementasi program pendidikan Full Day School belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena dukungan sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti ruang belajar yang kurang nyaman karena tidak dilengkapi dengan fasilitas AC, WiFi, dan kursi/meja belajar yang masih model lama terbuat dari kayu dan sebagian sudah lapuk. b) Fasilitas untuk mendukukung kegiatan ekstra kulikuler juga masih terbatas, sehingga siswa terbatas dalam mengembangkan kreatifitas, padahal siswa memiliki jumlah jam yang cukup banyak di sekolah. c)Fasilitas ruang guru untuk mendukung kegiatan guru dalam membina siswa juga masih belum memadai, sehingga para guru juga terbatas dalam melaksanakan kreatifitasnya. Kata kunci: Evaluasi Kebijakan Full Day school, Karakter Siswa, Model (CIPP contex, input, process, Product)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 04 Mar 2025 00:24
Last Modified: 04 Mar 2025 00:24
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item View Item