YAINAHU, RASNI (2019) PENGGUNAANMODELPEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI GEOGRAFI PADA KONSEP KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI MAN 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (49kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (153kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (38kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah di sekolah MAN 1 Kota Ternate, aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran dengan model pemecahan masalah dan penggunaan model pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu mengikuti proses perlakuan dengan tahap-tahap pelaksanaan diantara 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Di MAN 1 Kota Ternate. Adapun teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data sebagai berikut: lembar observasi, Soal tes, lembaran kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan di MAN 1 Kota Ternate pada kelas XI-1 pada semester genap tahun ajaran 2019 akan diuraikan pada siklus I dan siklus II yang dilakukan dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Data yang diambil yaitu data aktivitas guru, data aktivitas peserta didik, dalam proses mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan msalah dan data hasil tes belajar peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil aktivitas guru yang dilakukan oleh observasi pada setiap siklus berdasarkan data pada hasil penelitian, sudah cukup baik karena sudah melakukan berbagai langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pemecahan masalah, aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran sangat baik dan seluruhnya mengikuti petunjuk guru sehingga tercipta suasana pembelajaran yang baik dan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 25% dan siklus II meningkat menjadi 75%. Karena dari siklus I sebesar 25%, siklus II mengalami perkembangan peningkatan 50%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 00:29 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 00:29 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4518 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |