PENGGUNAANMODELPEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI GEOGRAFI PADA KONSEP KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI MAN 1 KOTA TERNATE

YAINAHU, RASNI (2019) PENGGUNAANMODELPEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI GEOGRAFI PADA KONSEP KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI MAN 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (49kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB  I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah di sekolah MAN 1 Kota Ternate, aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran dengan model pemecahan masalah dan penggunaan model pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu mengikuti proses perlakuan dengan tahap-tahap pelaksanaan diantara 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Di MAN 1 Kota Ternate. Adapun teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data sebagai berikut: lembar observasi, Soal tes, lembaran kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan di MAN 1 Kota Ternate pada kelas XI-1 pada semester genap tahun ajaran 2019 akan diuraikan pada siklus I dan siklus II yang dilakukan dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Data yang diambil yaitu data aktivitas guru, data aktivitas peserta didik, dalam proses mengajar dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan msalah dan data hasil tes belajar peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil aktivitas guru yang dilakukan oleh observasi pada setiap siklus berdasarkan data pada hasil penelitian, sudah cukup baik karena sudah melakukan berbagai langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pemecahan masalah, aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran sangat baik dan seluruhnya mengikuti petunjuk guru sehingga tercipta suasana pembelajaran yang baik dan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 25% dan siklus II meningkat menjadi 75%. Karena dari siklus I sebesar 25%, siklus II mengalami perkembangan peningkatan 50%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 04 Mar 2025 00:29
Last Modified: 04 Mar 2025 00:29
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item View Item