Juma, Fitriyani (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW SISWA KELAS XII SMA NEGERI 26 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (97kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK INDONESIA, INGGRIS.pdf - Published Version Download (164kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (175kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (220kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan model kooperatif jigsaw siswa kelas XII SMA Negeri 26 Halmahera Selatan. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas, tempat penelitian di SMA Negeri 26 Halmahera Selatan kelas XII semester II dengan jumlah siswa 22. Faktor yang diteliti adalah siswa, guru dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data meliputi lembar kerja siswa (LKPD) dan lembaran pengamatan/observasi. Data dianalisis dengan teknik rumus persentase. Berdasarkan analisis dan interpretasi data maka diperoleh hasil penerapan model kooperatif jigsaw untuk meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 26 Halmahera Selatan. Peningkatan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan model kooperatif jigsaw pada pertemuan siklus I dalam pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan model koopertaif jigsaw, siswa belum mencapai peningkatan nilai yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 70,25%, dan pengamatan pada siklus I pada siswa dan guru menunjukan hasil yang cukup baik, sedangkan Penilaian siklus II dalam pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan model kooperatif jigsaw siswa telah mencapai peningkatan nilai dengan nilai rata-rata sebesar 89,75%, dan pengamatan guru dan siswa sudah sangat baik dalam mengajar dan bagaimana siswa menerima pembelajaran. sehingga hasil pada siklus II ini dapat disimpulkan bahwa peran guru dan siswa dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw mampu meningkatkan kemampuan dan keberhasilan siswa dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Kata kunci: Keterampilan menulis, surat lamaran pekerjaan, model jigsaw
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 03:47 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 03:47 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |