Interferensi Penggunaan Bahasa Melayu Ternate dialek Bacan Terhadap Bahasa Indonesia dalam Proses Berbicara Siswa Kelas X MA An-Nur Gandasuli Halmahera Selatan

La Disi, Darwanto (2024) Interferensi Penggunaan Bahasa Melayu Ternate dialek Bacan Terhadap Bahasa Indonesia dalam Proses Berbicara Siswa Kelas X MA An-Nur Gandasuli Halmahera Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (127kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB)

Abstract

Dibimbing oleh Justam Wahab, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I, dan Adriani S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa Melayu Bacan terhadap bahasa Indonesia, dalam bentuk penghilangan fonem dan pergantian fonem pada tuturan siswa MA An-Nur Gandasuli. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu berusaha mendeskripsikan interferensi bahasa Indonesia dalam percakapan guru dan siswa di kelas. Data penelitian ini adalah proses berbicara (dialog percakapan) siswa kelas X IPA dan IPS Madrasah Aliyah An-Nur Gandasuli dalam proses pembelajaran. Data yang dimaksud berupa penguragan fonem dan pergantian fonem. Metode penelitian ini yaitu berusaha mendeskripsikan interferensi bahasa Indonesia dalam percakapan antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Pendeskripsian meliputi tataran fonologi dan faktor-faktor yang melatar belakagi terjadinya interferensi. Desain penelitian kualitatif pada umumnya memiliki tiga karakteristik seperti (a) tidak dinyatakan secara detail, (b) bersifat fleksibel, (c) berkembang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah simak, yaitu menyimak interaksi komunikasi antara guru dan siswa dalam pemelajaran, teknik catat, yaitu peneliti mencatat percakapan antara guru dan siswa, teknik rekam, teknik ini digunakan agar memudahkan penelit, dan dokumentasi, yaitu berupa foto saat peneliti berada di lokasi penelitian. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat penghilangan fonem konsonan vokal dan pergantian fonem vokal pada proses berbicara siswa kelas X Ma An Nur Gandasuli, dalam proses pembelajaran Geografi dan bahasa Indonesia. Interferensi penghilangan fonem konsonan vokal yaitu kata yang berakhiran fonem /h/ seperti pada kata [boleh] = [bole], [salah] = [sala], = [indah] = [inda], = [tujuh] = [tuju]. Dan pergantian fonem vokal yang terjadi pada fonem /e/ berubah menjadi /a/ seperti kata [lepasnya] = [lapasnya], [empat] = [ampa], [enam] = [anam], fonem /u/ menjadi /o/ seperti kata [jatuhnya] = [jatohnya]. Kata kunci : Interferensi, Bebicara, Bahasa Melayu Bacan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QK Bahasa Indonesia
Q Science > QK Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email salkin.lutfi@gmail.com
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:53
Last Modified: 20 Mar 2025 02:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item View Item