Mahadun, Elfrit Karin (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (148kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (155kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (164kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan salah satu perubahan perilaku, sebagai hasil dari pengalaman individu untuk memperoleh suatu perubahan, sebagai hasil dari pengalaman individu dalam berinteraksi dengan lingkungan. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 3 Kota Ternate, konsep Ekosistem melalui di Kelas VII, Tahun 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model penelitian yang digunakan merupakan bentuk Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan siklus I dan II, setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 3 Kota Ternate. Hasil aktivitas siswa siklus I yaitu 70% dan dikategorikan baik sedangkan pada siklus II meningkat manjadi 90% dan dikategorikan sangat baik. Hasil aktivitas guru pada siklus I yaitu 72% dikategorikan baik sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93% dan dikategorikan sangat baik. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learing pada siklus I sebanyak 13 siswa yang belum tuntas atau 50% yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 24 siswa tuntas atau sebanyak 92% siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar, hinggga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. viii Kata Kunci : Problem Based Learning. Hasil Belajar Kognitif, Ekosistem
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QR Biologi Q Science > QR Biologi |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Biologi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 06:23 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 06:23 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |