PEMANFATAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGSTIMULASI KOGNITI ANAK DI PAUD KEMALA BAYANGKARI KOTA TERNATE

Taohi, Resti (2024) PEMANFATAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGSTIMULASI KOGNITI ANAK DI PAUD KEMALA BAYANGKARI KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (420kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengatahui perkembangan pemanfataan alat permainan edukatif dalam mengstimulasi kognitif anak DI PAUD KEMALA BAYANGKARI KOTA TERNATE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif, yang mana disebut juga dengan penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan secara alamiah (Natural setting). Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 anak. Permainan edukatif memiliki sifat-sifat seperti bongkar pasang, merangkai, membentuk dan menyusun. Namun, setiap permainan yang diterapkan disekolah harus melihat media, tempat kecocokan dan tingkat kesukaran dari permainan itu sendiri. Penelitian ini mendeskripsikan tentang permainan edukatif yang mana adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan merupakan cara atau alat pendidikan yang bersifat mendidik. Berdasarkan hasil Penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data dari wawancara dan observasi, yang dilakukan kepada anak-anak dan dengan dua orang guru DI PAUD KEMALA BAYANGKARI KOTA TERNATE, menghasilkan bahwa alat permainan edukatif sangat bermanfaat bagi anak namun begitu, belajar tidak selalu mengunakan alat permainan edukatif tergantung dengan kondisi yang ada, dikarenakan tidak semua anak merespon baik terhadap permainan tersebut terlihat dari 3 indikator, dari jumlah keseluruhan anak terdapat 25 anak yang mana sesuai indikator respon anak terhadap alat permainan edukatif terlihat berbeda-beda, dari 25 anak terdapat 5 anak yang tidak selalu belajar mengunakan APE dan tidak merespon baik terhadap permainan tersebut terlihat dari indikator pertama(1), menumbuhkan percaya diri dan membentuk citra anak dari 25 anak terdapat 21 anak sudah menunjukkan rasa percaya diri dalam belajar mengunakan APE terlihat dari indikator kedua (2), memberikan stimulus dalam pembentukan prilaku anak dari 25 anak 24 anak sudah terlihat dapat menunjukan prilaku baik dalam belajar. Kata Kunci : Pemanatan Alat Permainan Edukati Pada Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Apr 2025 06:41
Last Modified: 30 Apr 2025 06:41
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4855

Actions (login required)

View Item View Item