UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH DAN SISTEM EKSKRESI

Hi. Husen,, Rosmaya (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH DAN SISTEM EKSKRESI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (21kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (34kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui proses penerapan model Picture And Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate pada mata pelajaran sistem peredaran darah dan ekskresi (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate dengan menerapkan model Picture And Picture pada materi sistem peredaran darah dan ekskresi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Picture And Picture. Dilakukan selama dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Ternate yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada materi sistem peredaran darah dan ekskresi. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan perolehan hasil belajar. Pada tahap siklus I terdapat 15 siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase 60% dan 10% siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan persentase 40%, aktivitas guru 71%, dan aktivitas siswa 73%. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana terdapat 21 siswa yang mencapai nilai KKM dengan jumlah persentase 84% dan 4 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan jumlah persentase 16%, aktivitas guru meningkat menjadi 90%, dan aktivitas siswa 93%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture And Picture pada materi sistem peredaran darah dan ekskresi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat dinyatakan berhasil. Kata Kunci : hasil belajar siswa, model picture and picture

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 02 May 2025 01:21
Last Modified: 02 May 2025 01:21
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4860

Actions (login required)

View Item View Item