PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK(LKPD) DENGAN PENDEKATAN OPEN- ENDED PADA MATERI BELAH KETUPAT

MAHARATI, MAHARATI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK(LKPD) DENGAN PENDEKATAN OPEN- ENDED PADA MATERI BELAH KETUPAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik dengan pendekatan Open-Ended pada materi belah ketupat. Data dalam penelitian ini berasal dari hasil pengamatan (observasi) dan wawancara. Metode yang digunakan yaitu 4-D (Four D). Penelitian hanya terbatas pada 3 tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define), (2) Tahap perancangan (design), dan Tahap pengembangan (development). Subjek coba pada siswa kelas VII-B dan kelas VII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate. Tekhnik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial. Data uji coba pengembangan ini dikumpulkan melalui analisis data menggunakan tekhnik analisis deskriptif, berdasarkan jawaban diperoleh dari validasi ahli diberi skor. Hasil uji coba diperoleh bahwa: menyatakan pada aspek kelayakan isi 82.85 %, pada aspek penyajian 76.66%, aspek kebahasan 80%, dan aspek tampilan 80%. Secara keseluruhan dari lima validator yang menelah validitas LKPD aspek kelayakan isi, aspek penyajian, aspek kebahasan, dan aspek tampilan terhadap item soal dapat dinyatakan bahwa 79.88% yang valid. Selanjutnya, item-item soal yang dinyatakan tidak valid akan direvisi sesuai dengan saran para validator dan dikonsultasikan kepada pembimbing sebelum diuji cobakan kepada sampel penelitian. Kriteria pengujian: terima jika nilai Asymp. Sig Q-Cochran lebih dari = 5%. Menggunakan statistik uji Q-Cochran melalui software SPSS versi 16 diperoleh nilai Cochran Q 3.407a dengan Asymp. Sig 0.492 lebih besar dari taraf signifikasi = 5%. Hal ini menunjukan bahwa 4 aspek dinilai seragam oleh validator. Berarti 4 aspek tersebut dinyatakan memenuhi syarat validator. Hipotesis yang diuji bahwa kesamaan penilaian para validator adalah homogen. Kriteria pengujian, terima jika nilai Asymp. Sig Q-Cochran lebih dari = 5%. Menggunakan statistik uji Q-Cochran. Hal ini menunjukan bahwa LKPD layak untuk di kembangkan. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, dengan Pendekatan Open-Ended pada Materi Belah Ketupat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 06 May 2025 00:47
Last Modified: 06 May 2025 00:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4939

Actions (login required)

View Item View Item