PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TECHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KRMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS

Wali, Nurdewi (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TECHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KRMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (50kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (40kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yakni (1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Ternate yang pelaksanaan penelitian pada semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini mengunakan One Group Pretest�Posttest design sampel yang dijadikan dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Ternate Tahun Ajaran 2018/2019, dengan populasi total sampel pada kelas VIII�H sebanyak 20 siswa. Data meliputi Analisis deskriptif, Analisis N-Gain, dan Analisis uji hipotesis menggunakan bantuan dari salah satu software yaitu program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 7 Kota Ternate setelah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi teorema phytagoras terdapat 11 siswa 55% dengan kualifikasi baik sekali, 5% kualifikasi baik, 40% kualifikasi cukup. 2) Hasil perhitungan N�Gain ternormalisasi nilai N-Gain yaitu 0,783 yang berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada interpretasi tinggi. Berdasarkan hasil statistik inferensial menggunakan uji Shapiro-wilk dengan bantuan program SPSS 23 for windows diperoleh nilai sig. 0,000 (< α = 0,05) hal ini berarti pengunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema phytagoras. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan Teorema Phytagoras

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:08
Last Modified: 12 Jun 2025 01:08
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item