DOE, PETRINCE (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA SMA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (48kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (289kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (91kB) |
Abstract
Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk :1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran PBL pada materi barisan dan deret aritmetika; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan model pembelajaran PBL pada materi barisan dan deret aritmetika; 3) mengetahui penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmetika. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Tidore Kepulauan T.A 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tertulis bentuk uraian tentang materi barisan dan deret aritmetika dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah penerapan model Problem Based Learning terdapat Kualifikasi memuaskan 3 siswa dengan persentase 20%, kualifikasi baik 1 siswa dengan persentase 6,6%, kualifikasi cukup 5 siswa dengan persentase 33,34% , kualifikasi kurang 2 siswa dengan persentase 13,33%, dan kualifikasi gagal 4 siswa dengan persentase 26,66 %; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning PBL secara individu diperoleh siswa dengan interpretasi Tinggi sebanyak 7 (47%) dan interpretasi Sedang sebanyak 8 (53%);penerapan model Problem Based Learning secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan mempelajari materi barisan dan deret aritmetika. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning, Barisan Aritmetika, dan Deret Aritmetika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:29 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:29 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |