ENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI STATISTIS SISWA PADA POKOK BAHASAN UKURAN LETAK DATA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN INFORMASI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI (ICT

Yoisangaji, Selfira (2019) ENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI STATISTIS SISWA PADA POKOK BAHASAN UKURAN LETAK DATA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN INFORMASI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI (ICT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (47kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengetahui kemampuan Komunikasi statistis siswa setelah diterapakan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan ICT; 2). bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi statistis siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan ICT; 3). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan ICT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi statistis siswa SMPN 1 Sulabesi Timur pada pokok pembahasan ukuran letak data. Penerapan penelitian eksperimen ini menggunakan desain one group pretest-posttest, dan menjadikan seluruh siswa kelas VIII-B SMP N I Sulabesi Timur Tahun Ajaran 2019/2020 sebagai sampel penelitian Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 22 siswa. Memperoleh data penelitian ini menggunakan instrument tes untuk mengukur kemampuan komunikasi statistis siswa berbentuk Essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan infirensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan komunikasi statistis siswa setelah digunakan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan ICT pada pokok pembahasan ukuran letak data 3 siswa dengan persentasi 15% sangat baik, 9 siswa persentasi 30% kualifikasi baik sebanyak 4 siswa dengan persentasi 25%, kualifikasi cukup, sebanyak 3 siswa dengan persentasi 25% kualifikasi kurang dan kualifikasi sebanyak 3 siswa dengan persentasi 15% kualifikasi buruk, Berdasarkan hasil kualifikasi dan persentasi siswa secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajran berbasis proyek berbantuan ICT dapat meningkatan kemampuan komunikasi statistis siswa dalam mempelajari materi statistika tentang ukuran letak data. Artinya, penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantuan ICT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi statistis siswa. dan peningkatan kemampuan komunikasi statistis siswa mencapai 0,74 dalam kualifikasi tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Statistis Siswa, Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Informasi Komunikasi dan teknologi ICT, Materi Ukuran Letak Data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:37
Last Modified: 13 Jun 2025 03:37
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4998

Actions (login required)

View Item View Item