PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN

Lahopa, Suyatmi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (81kB)
[thumbnail of ABSTRAK1.pdf] Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of BANB I.pdf] Text
BANB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk 1) Mengdeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi himpunan. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental design tipe one sample pretest-posttest design, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Pomakirio Mujahidin Simau Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini mrnggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemahaman matematis siswa dalam bentuk uraian. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu interval kriteria kemampuan pemahaman konsep matematis dan perhitungan uji N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan , 1) kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi himpunan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, terdapat 13 siswa (65%) dalam kategori baik sekali, 6 siswa (30%) dalam kategori baik dan 1 siswa (5%) dalam kategori cukup. 2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII MTs Pomakirio Mujahidin Simau setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terdapat 11 siswa (55%) dalam inteprestasi tinggi dan 9 siswa (45%) dalam intprestasi sedang secara keseluruhan adalah inteprestasi tinggi. Sehingga dapat dikatakan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) tergolong tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Materi Himpunan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 16 Jun 2025 00:12
Last Modified: 16 Jun 2025 00:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5004

Actions (login required)

View Item View Item