Tingkat Kepuasan Masyarakat Nelayan Terhadap Pelayanan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dufa-Dufa Kota Ternate.

Soamole, M. Steni A (2024) Tingkat Kepuasan Masyarakat Nelayan Terhadap Pelayanan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dufa-Dufa Kota Ternate. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (414kB)
[thumbnail of F. ABSTRAK.pdf] Text
F. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (417kB)
[thumbnail of G. BAB I.pdf] Text
G. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of L. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dufa-Dufa adalah salah satu pangkalan ikan yang berada di Kota Ternate, yang memiliki luas lahan 1,5 hektar dan terletak di pesisir pantai, disekitar PPI Dufa-Dufa dapat dilihat aktifitas masyarakat yang melakukan proses perdagangan ikan dan kegiatan nelayan yang melakukan pemuatan, pembokaran ikan di pangkalan pendaratan ikan. Tujun penelitian yaitu mendeskripsikan fasilitas yang ada di PPI Dufa-Dufa. Mengetahui tingkat kepuasan masyarakat nelayan terhadap pelayanan. Untuk Mengetahui tingkat harapan masyarakat nelayan terhadap pelayanan yang diterima di PPI Dufa-Dufa. Metodologi, penelitian ini dilaksanakan di bulan Maret-April 2023 di PPI Kelurahan Dufa-Dufa kota Ternate. Data primer yaitu melalui wawancara kepada responden nelayan beraktifitas di PPI Dufa-Dufa. Data sekunder bersumber dari penelusuran referensi terkait yang mendukung penelitian. Analisis data dilakukan Importance and performance analysis (IPA) atau analisis tingkat kepentingan dan kinerja atau kepuasan pelanggan untuk mengukur tingkat kepentingan dan pelaksanaan dalam rangka mencapai kepuasan nelayan. Hasil dan pembahsan adalah diperoleh hasil terkait dengan Indeks Kepuasan Masyarakat Nelayan (IKM) PPI Dufa-Dufa Kota Ternate berada pada pelayanan yang berkategori baik dan sangat baik dalam proses pelayanan masyarakat. Pada nilai indeks 5.64. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 140.98, kategori pelayanan Nilai Mutu (Baik). Importance Performance Analysis Pelayanan PPI menunjukan bahwa pada atribut pelayanan dalam kuadran I, II, III, IV. Atribut presepsi paling dominan terdapat pada kuadran II arti dari posisi tersebut adalah kuadran II Pertahankan kinerja, ketersedian atau biaya pelayanan, ketepatan waktu dan ketepatan jumlah fasilitas yang disediakan, kondisi fasilitas, keramahan petugas, kemudahan penyampaian keluhan dan keamanan Keywords: Indeks Kepuasan Nelayan PPI Dufa-Dufa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Fakultas > Perikanan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Fakultas > Perikanan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Fakultas > Perikanan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 16 Jun 2025 06:54
Last Modified: 16 Jun 2025 06:54
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item View Item