PENGEMBANGAN ALAT UNTUK MENSTIMULASI OTAK SECARA NON INVASIF MENGGUNAKAN METODE TRANSCRANIAL ELEKTRICAL STIMULATION

YUDI, LA ODE (2024) PENGEMBANGAN ALAT UNTUK MENSTIMULASI OTAK SECARA NON INVASIF MENGGUNAKAN METODE TRANSCRANIAL ELEKTRICAL STIMULATION. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (543kB)
[thumbnail of 7. ABSTRAK.pdf] Text
7. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (341kB)

Abstract

Kata kunci : Stimulasi, non invasif, tES (xviii + 44 + Lampiran) Stimulasi listrik transkranial (TES) memberikan arus listrik yang lemah ke kulit kepala dengan tujuan memodulasi aktivitas otak endogen. Stimulasi dapat diterapkan sebagai arus searah konstan (tDCS) atau arus bolak-balik biphasic (tACS). Arus searah konstan yang lemah (tDCS, 2mA) dapat menyebabkan rangsangan kortikal yang berkepanjangan. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan sebuah alat untuk menstimulasi otak secara non invasif. Arduino Nano Sebagai pemproses dan transistor sebagai pengatur arus. Brain Tuner menggunakan frekuensi 1110 Hz untuk membantu mengoptimalkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan mental, Bio Tuner menggunakan frekuensi 111 Hz untuk membantu menginduksi relaksasi dan merangsang aktivitas otak agar mengoptimalkan keseimbangan sistem saraf simpatik dan parasimpatik dalam tubuh. Alat ini menggunakan 2 buah potensiometer dimana satu berfungsi untuk pengatur frekuensi dan satunya lagi sebagai pengatur tegangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas > Teknik Elektro
Fakultas > Teknik Elektro
Fakultas > Teknik Elektro
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:53
Last Modified: 26 Jun 2025 06:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item