ENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR POKOK BAHASAN MENANGGAPI SUATU PERSOALAN ATAU PERISTIWA (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 48 Kota Ternate )

AGUSTIONO, AGUSTIONO (2019) ENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR POKOK BAHASAN MENANGGAPI SUATU PERSOALAN ATAU PERISTIWA (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 48 Kota Ternate ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of ABSTRAK1.pdf] Text
ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui proses peningkatan kemampuan membaca melalui media cerita bergambar pada siswa kelas V SDN 48 Kota Ternate, 2) mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca melalui media cerita bergambar pada siswa kelas V SDN 48 Kota Ternate. Desain Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) metode penelitian yang digunakan adalah metode pembelajaran dengan mengguanakan media cerita bergambar. Media visual atau media gambar dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan.. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Deskriptif. Peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa melalui media cerita bergambar yang menunjukan ketutasan siswa sebesar 30% atau 7 siswa yang tuntas dari 24 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah nilai rata-rata pada siklus I adalah 54,45%. Sedangkan pada siklus II pesentase siswa meningkat menjadi 87,50% atau 21 siswa yang tuntas dari 24 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan jumlah nila rata�rata pada siklus II adalah 72,91%. Oleh karena itu, kegiatan membaca nyaring melalui media cerita bergambar ini dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas V SDN 48 Kota Ternate yang dilihat dari hasil siklus I dan siklus II

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 26 Jun 2025 00:24
Last Modified: 26 Jun 2025 00:24
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5049

Actions (login required)

View Item View Item