PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMODELAN PADA SISWA KELAS II SDN 29 HALMAHERA BARAT (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri 29 Halmahera Barat Tahun ajaran 2018-2019)

M. LAMPAH, ARIANI RAHMI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMODELAN PADA SISWA KELAS II SDN 29 HALMAHERA BARAT (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri 29 Halmahera Barat Tahun ajaran 2018-2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB)
[thumbnail of BAB  I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan strategi pemodelan dan sejauh manakah pencapaian hasil penerapan strategi pemodelan dalam pembelajaran: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SDN 29 Halmahera Barat Tahun Ajaran 2018-2019. Tipe penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Proses penerapan teknik pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 29 Halbar dalam memabaca nyaring dengan menggunakan langkah- -langkah pemodelan yaitu (1) fase perhatian, (2) fase retensi atau pengulangan, (3) fase reproduksi, dan (4) fase motivasi. Proses ini membantu pemerolehan hasil belajar sehingga proses penerapan /praktik membaca nyaring, awalnya menemui kendala namun setelah proses siklus ke dua, perubahan-perubahan itu dilakukan atas arahan observer sehingga semua siswa dapat melakukan proses dan mempraktekkan membaca nyaring sesuai anjuran dari guru. Teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa hal ini dapat dibutktikan pada analisis data sebelumnya yaitu pada siklus 1 sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 90 %. Dengan demikian teknik pemodelan dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan keterampilam membaca nyaring khususnya pada kelas rendah Kata kunci: pemodelan, membaca nyaring dan penelitian tindakan kelas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 14 Aug 2025 23:17
Last Modified: 14 Aug 2025 23:17
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5069

Actions (login required)

View Item View Item