HARUNA, DJAITUN (2019) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SD INPRES 17 HALMAHERA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (138kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Updated Version Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (148kB) |
Abstract
Menulis bagi sebagian besar guru dan siswa menganggap sebagai suatu kegiatan berbahasa yang sulit untuk dilakukan. Bukan karena tidak bisa menulis, tapi berbagai kendala yang dihadapi lebih pada tataran teknis Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis narasi sekalipun telah dibantu oleh peneliti dengan menampilkan media gambar. Banyak faktor yang mempengaruhi sehingga belum maksimalnya kemampuan menulis oleh siswa yang diteliti. Dinataranya adalah masih rendahnya kemampuan menulis narasi, serta belum terbiasanya siswa dalam mengembangkan gagasan berdasarkan media gambar Dalam pelaksanaan Pada kegiatan pendahuluan siklus II, sebagian besar siswa sudah siap mengikuti pembelajar, suasana kelas terlihat tenang. Karna peneliti sudah kreatif dalam membangkitkan kemampuan siswa sehingga pengetahuan dan pengalaman siswa terorganisasi dengan baik. Kegiatan menulis narasi siswa pada siklus II lewat pembelajaran dengan menggunakan media gambar sangat membantu siswa dalam mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Halmahera Barat, kegiatan penelitian ini dilakukan empat kali pertemuan dan terdapat da kali tes yaitu tes pertama dilakukan pada siklus satu pertemuan kedua dan tes kedua dilakukan pada sikls kedua pertemuan kedua, maka dapat disimpulkan sebagai berikut.Penelitian tindakan kelas yang peneliti lakukan dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Halmahera barat dalam menulis narasi.Hal ini dibuktikan dari nilai yang diperoleh siswa pada hasil tindakan siklus I jumlah siswa yang tuntas 4 siswa (44.44%) dan yang tidak tuntas 5 siswa (55.55%) dengan nilai rata-rata 57,77%. Kemudian pada siklus II jumlah yang tidak tuntas adalah 1 siswa (11.11%) dan siswa yang tuntas adalah 8 siswa (88.88%) dengan nilai rata-rata 87,11%. Dengan demikian pada tindakan tes kedua membuktikan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Halmahera Barat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 00:10 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 00:10 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |