PARANG, ESTEFANI (2019) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 47 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (107kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (211kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (118kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dada Siswa Kelas V SD Negeri 47 Kota Ternate, tujuan penelitian ini Pertama Mendeskripsikan proses penerapan media gambar dalam pembelajaran. Kedua Mendiskripsikan hasil hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 47 Kota Ternate, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama“Bagaimanakah proses penerapan media gambar pada pembelajaran IPS dengan tema Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan? Kedua Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menerapkan media gambar pada siswa kelas V SDN 47 kota Ternate? Penelitian tindakan kelas ini menggunakan media gambar yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 47 Kota Ternate. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kriteria cukup, dan siklus II mendapatkan skor 41 dengan kriteria sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 21,04 dengan kriteria cukup, dan siklus II mendapatkan skor 36,82 dengan kriteria sanagt baik. (3) Hasil belajar siklus I mendapatkan nilai rata- rata 61,27 dengan kriteria ketuntasan klasikal 50%, dan siklus II mendapatkan ratarata dengan kriteria ketuntasan klasikal 86%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian dengan menggunakan media gambar adalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 00:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 00:39 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |