PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEDATANGAN BANGSA BARAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TOPO KOTA TIDORE KEPULAUAN

JAMIN, FAIRNA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEDATANGAN BANGSA BARAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TOPO KOTA TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (83kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses penerapan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi kedatangan bangsa barat kelas V SD Negeri 1 Topo Kota Tidore Kepulauan. Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup :(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Obyek penelitianya yaitu siswa kelas V SD Negri 1 Topo Kota Tidore Kepulauan. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran discover learning pada pelajaran IPS materi kedatangan bangsa barat, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada kelas V SD Negeri 1 Topo Kota Tidore Kepulauan. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, siswa yang dikatakan tuntas 27% atau 6 siswa, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 49,09% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan siswa yang tuntas 72% atau 16 siswa dengan nilai rata-rata77,72%. Aktifitas siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 66% dan siklus II nilai rata-rata 86%. Serta aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86%. Dengan demikian penerapan model discovery learning materi peristiwa kedatangan bangsa barat dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Topo Kota Tidore Kepulauan. Kata Kunci :Model Pembelajaran Discover Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 24 Aug 2025 23:41
Last Modified: 24 Aug 2025 23:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item