MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TABANALOU

Gani, Fairus A (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TABANALOU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Tabanalou serta bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Tabanalou dengan materi koperasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung persentase hasil aktifitas siswa dan guru. Hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Tababalou dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada materi koperasi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai ketuntasan siklus I dan II, pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas secara individu sebanyak 2 siswa dengan nilai persentasi ketuntasan 16,67 %, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 83,33%. Selanjutnya pada siklus II mengalamai peningkatan menjadi 11 siswa yang dinyatakan tuntas dari jumlah 12 siswa dengan nilai persentasi mencapai 91,67%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa atau 8,33%. Untuk aktivitas guru pada siklus I dalam pembelajaran mencapai nilai rata-rata 63,63% dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 62,50% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan untuk aktivitas guru dalam pembelajaran mencapai nilai rata-rata 95,45% dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 93,75%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 24 Aug 2025 23:59
Last Modified: 24 Aug 2025 23:59
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item