Gani, Fairus A (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TABANALOU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (87kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (45kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (159kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Tabanalou serta bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Tabanalou dengan materi koperasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung persentase hasil aktifitas siswa dan guru. Hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Tababalou dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada materi koperasi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai ketuntasan siklus I dan II, pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas secara individu sebanyak 2 siswa dengan nilai persentasi ketuntasan 16,67 %, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 83,33%. Selanjutnya pada siklus II mengalamai peningkatan menjadi 11 siswa yang dinyatakan tuntas dari jumlah 12 siswa dengan nilai persentasi mencapai 91,67%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa atau 8,33%. Untuk aktivitas guru pada siklus I dalam pembelajaran mencapai nilai rata-rata 63,63% dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 62,50% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan untuk aktivitas guru dalam pembelajaran mencapai nilai rata-rata 95,45% dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 93,75%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 01:36 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 01:36 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |