MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KONSEP PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD INPRES TABANALOU

GAFAR, FARDI HI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KONSEP PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD INPRES TABANALOU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (49kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching; dan mendeskripsikan proses peningkatan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Tabanalou Halmahera Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan menjadikan 12 siswa kelas V SD Inpres Tabanalou Halmahera Timur sebagai subjek penelitian. Hasil tes siklus I capaian nilai rata-rata 41,83% dan tidak terdapat siswa dengan kualifikasi baik sekali dan baik, 2 siswa dengan kualifikasi cukup, dan 10 siswa dengan kualifikasi gagal. Ditinjau dari ketuntasan, terdapat 10 siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM 65 dan 2 siswa mendapatkan nilai lebih dari KKM 65. Hasil tes siklus II capaian nilai rata-rata 81,16% dan terdapat 5 siswa deangan kualifikasi baik sekali, 4 siswa dengan kualifikasi baik, 2 siswa dengan kualifikasi cukup, 1 siswa dengan kualifikasi gagal. Ditinjau dari ketuntasan, terdapat 11 siswa mendapatkan nilai lebih dari KKM 65 dan 1 siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Tabanalou Halmahera Timur pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:09
Last Modified: 29 Aug 2025 02:09
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item View Item