GAFAR, FARDI HI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KONSEP PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD INPRES TABANALOU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (107kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (49kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (32kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching; dan mendeskripsikan proses peningkatan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Tabanalou Halmahera Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan menjadikan 12 siswa kelas V SD Inpres Tabanalou Halmahera Timur sebagai subjek penelitian. Hasil tes siklus I capaian nilai rata-rata 41,83% dan tidak terdapat siswa dengan kualifikasi baik sekali dan baik, 2 siswa dengan kualifikasi cukup, dan 10 siswa dengan kualifikasi gagal. Ditinjau dari ketuntasan, terdapat 10 siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM 65 dan 2 siswa mendapatkan nilai lebih dari KKM 65. Hasil tes siklus II capaian nilai rata-rata 81,16% dan terdapat 5 siswa deangan kualifikasi baik sekali, 4 siswa dengan kualifikasi baik, 2 siswa dengan kualifikasi cukup, 1 siswa dengan kualifikasi gagal. Ditinjau dari ketuntasan, terdapat 11 siswa mendapatkan nilai lebih dari KKM 65 dan 1 siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Tabanalou Halmahera Timur pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 02:09 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 02:09 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |