SUFI, FARIYATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI SD KELAS III ISLAMIAH 5 TERNATE TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
CAFER.pdf - Published Version Download (64kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (147kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (51kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Kelas III Islamiah 5 Ternate. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Tehnik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t test Polled Varian. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas VB SD Kelas III Islamiah 5 Ternate Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model NHT pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol. Kata kunci: Hasil belajar, IPS, number head together.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 02:17 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 02:17 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |