PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN

Buamona, Jukia (2019) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (36kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (80kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) Mengetahui belajar siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan metode drill 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri 52 Kota Ternate setelah diterapkan metode drill 3) Mengetahui penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah analisis data Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate yang berjumlah 17 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I, dalam satu kali pertemuan dan siklus II dengan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran drill berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 65% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkatkan menjadi 84%. Aktifitas guru siklus I rata-rata 82%, dan siklus II meningkatkan menjadi 97%. Hasil ini memberikan gambar bahwa penerapan metode pembelajaran drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika Siswa, Metode Pembelajaran Drill, Dan Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:02
Last Modified: 12 Sep 2025 02:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item