NINGKEULA, SAFITRADEWI (2024) KEMAMPUAN LITERASI STATISTIS SISWA SMA PADA MATERI STATISTIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (454kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (559kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (673kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (511kB) |
Abstract
Safitradewi Ningkeula. 2024. Kemampuan Literasi Statistik Siswa SMA Pada Materi Statistik Melalui Model Project Based Learning. Penelitian di bawah bimbingan Bapak Dr. Joko Suratno, S.Pd., M.Pd.Si. dan Ibu Dr. Marwia Tamrin Bakar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi siswa kelas X-2 SMA Negeri 5 Kota Ternate pada materi ukuran pemusatan data melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Untuk mengetahui bahwa penerapan Projet based Learning secara signifikan dapat mengingkatkan kemampuan Literasi statistik siswa Kelas X pada materi ukuran pemusatan data Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi-eksperimen dengan penelitian pre-eksperimen design yang di desain menggunakan bentuk pre-eksperimen pretest-postes (pretest-postestgroup design) kepada satu kelompok siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-2 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian sebanyak 4 butir. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kemampuan literasi statistik siswa kelas X2 SMA Negeri 5 Kota Ternate setelah diterapkan model Project Based Learning dengan rata-rata dalam kualifikasi tinggi. Terdapat 19 siswa (76%) dengan kemampuan literasi statistik dalam kualifikasi tinggi dan 6 siswa (24%) dalam kualifikasi sedang. Nilai rata-rata kemampuan literasi statistik siswa pada materi statistik dengan model Project Based Learing adalah 81,50 yanng berkualifikasi tinggi. Nilai rata-rata kemampuan literasi statistik siswa setelah pembelajaran dengan model Project Based Learning adalah 81,51 yangerkualifikasi tinggi. Dengan demikian terdapat perbedaan kemampuan literasi statistik siswa setelah pembelajaran dengan model Project Based Learning. Selain itu berdasarkan hasil uji n-gain diperoleh sebesar 0,54 dalam interpretasi sedang , dengan demikian secara signifikan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi statistik siswa. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Model Project Based Learning, dan Ukuran Pemusatan Data
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:35 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:35 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |