PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KELAS VIII IPS MTS AN-NUR BOBISINGO KECAMATAN GALELA UTARA

KIHA, SITNAFISA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI KELAS VIII IPS MTS AN-NUR BOBISINGO KECAMATAN GALELA UTARA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (100kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (175kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB)

Abstract

Berdasarkan Hasil Observasi di MTs An Nur Bobisingo Galela Utara, diketahui fakta bahwa masalah yang dialami siswa dalam proses pembelajaran di kelas yaitu peserta didik merasa tidak percaya diri untuk menjawab ataupun memberikan pertanyaan dan tanggapan secara terbuka. Baik kepeda guru maupun teman sebayan nya, tidak ada kerja sama dalam proses pembelajaran hasil belajar kognitif siswa masi sangat rendah. Media yang digunakan dalam pembelajaran hanya papan tulis, sehingga siswa kurang berperan aktif dalam prosese pembelajaran, siswa tidak berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi kelas VIII IPS MTs An Nur Bobisingo Kecamatan Galela Utara. Desain dari penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII IPS dengan jumlah peserta didik 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasil aktivitas siswa, soal soal tes siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Nilai pada postes siklus 1 diketahui bahwa, terdapat 12 peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar secara individu, persentase secara klasikal sebesar 58% dan Hasil belajar pada siklus II dan peserta didik yang memperoleh daya serap ≥ 65 berjumlah 16 peserta didik dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 89 %. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Kata kunci: Model, Inkuiri, Hasil Belajar Kognitif, Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QE Geology
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Fakultas > Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:56
Last Modified: 17 Sep 2025 03:56
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5231

Actions (login required)

View Item View Item