UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL CARD SORT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SD NEGERI 1 KOTA TERNATE

HAMID, SAFITRI (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL CARD SORT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SD NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (13kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil proses penerapan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan model Card Sort pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Ternate, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan model Card Sort pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi subjek penelitian ini adalah siswa kelas I dengan jumlah 30 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Card Sort. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas teknik analisis data adalah (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan / observasi (4) refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Card Sort untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan adalah salah satu teknik dimana siswa harus membaca dengan baik. Penerapan model Card Sort dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan kelas I SD Negeri 1 Kota Ternate. Pada siklus I ketuntasan siswa sebesar 43% sebanyak 13 siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas 56% sebanyak 17 siswa dengan jumlah ratarata pada siklus I adalah 56,2% sedangkan pada siklus II menunjukkan ketuntasan siswa sebesar 73% sebanyak 22 dan yang tidak tuntas 26% sebanyak 8 siswa dengan jumlah nilai rata-rata 71,16%. Maka dari itu model Card Sort dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kota Ternate. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Model Card Sort

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 00:19
Last Modified: 18 Sep 2025 00:19
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5285

Actions (login required)

View Item View Item