Alor, Hamida (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT TAHAPAN KASTOLAN PADA MATERI HIMPUNAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (117kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (238kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (304kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (163kB) |
Abstract
Hamida Alor, 2024. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Tahapan Kastolan Pada Materi Himpunan di kelas VII Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Hery Suharna, M.Sc.,M.Pd. dan Bapak Dr. Karman La Nani, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menurut tahapan kastolan pada materi Himpunan. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/2 di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) Terdapat 1 siswa (4%) memiliki kesalahan dengan kategori rendah, 6 siswa (24%) dengan kesalahan kategori sedang, dan 18 siswa (72%) dengan kesalahan kategori tinggi, (2) Terdapat 20 siswa (80%) mengalami kesalahan konseptual karena siswa tidak memahami materi himpunan dalam menuliskan rumus gabungan antara dua himpunan untuk menentukan benyaknya siswa yang menyukai keduanya, siswa tidak memahami materi himpunan semesta, anggota himpunan, gabungan antara dua himpunan, dan operasi himpunan yang dipelajari secara konseptual, (3) Terdapat 19 siswa (76%) yang mengalami kesalahan prosedural menurut tahapan kesalahan Kastolan, karena tidak lengkap dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian untuk menentukan gabungan dua himpunan, dan menyelesaikan operasi dua himpunan, (4) Terdapat 23 siswa (92%) yang mengalami kesalahan tehnikal menurut tahapan Kastolan karena siswa tidak menulis simbol untuk menentukan banyaknya siswa yang menyukai keduanya. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Tahapan Kastolan, soal Cerita, materi himpunan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:46 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 01:46 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |